Post Production Note

April 2018, episode terakhir NgeMeal tayang
Senang? Tentu
Bangga? Jelas
Sedih? I don’t expect to.

NgeMeal adalah hal yang sama sekali asing untuk ku, pada awalnya
Ragu? Banget. Punya apa aku sampai bisa menjadi leader kalian?

Produser.
Berat. 

The Most Best Of The Best Program, I couldn’t imagine without you guys.

Harus menghadapi realita bahwa aku bukan produser yang baik untuk kalian punya. 

Ini bukan tentang aku berhasil mencapai apa yang aku impikan. 

Tapi tentang kalian, seberapa bangganya aku bisa bekerjasama dengan orang seperti kalian. Aku masih nggak nyangka anak kita, program kita sudah besar, udah bisa kita tinggalkan.. 

Bukan itu yang aku mau. 

Hai, Abor
Kamu orang pertama yang percaya sama kita, kamu yakin kalau NgeMeal bisa ada. Sampai sesempurna ini. Terima kasih sudah bayar kepercayaan penonton-penonton. Pitching pertama kita di Kedai Mandiri, sukses 100%. Terima kasih sudah selalu mau mendengarkan apa mau dari tim ini. 

Hai Ayala,
Kamu orang yang tanpa ragu aku ajak untuk menggarap bayi bernama NgeMeal ini. Kamu orang yang selalu ada di saat aku butuh. Kamu orang yang membuat NgeMeal terus fleksibel. NgeMeal masih butuh bimbingan orang hebat seperti kamu. 

Hai Dadan,
Ketika Her-Regestrasi IKOM Channel kamu yang meyakini diri aku bahwa kamu akan menemani aku di departemen produksi ini. Aku bangga bisa kenal sama kamu. Walau banyak kata yang belum sempat terucap, aku harap gak ada setitikpun rasa kecewa dalam diri kamu. 

Hai Kak Gita,
Udah dari 2016 aku kenal kamu. Aku sangat salut dengan kerja keras kamu, dimana kamu selalu membuktikan orang-orang di luar sana bahwa kamu bukan Kak Gita yang mereka bicarakan. Dari dulu kita kerjasama di program Ruang Gita, aku sangat bahagia bisa kenal dengan orang seceria kamu, Kak. Terima kasih sudah mau susah payah membesarkan NgeMeal. Sudah waktunya yang lain melanjutkan perjalananmu. 

Hai Rey,
Maaf untuk tidak bisa memenuhi permintaan terakhir kamu. Rey yang dulu aku segan untuk kerjasama, ternyata menjadi orang yang sangat tulus. Jujur dari awal aku memang ingin kamu yang menjadi nafas dalam program ini. Kamu juga yang buat aku rendah diri dan merasa aku tidak berada di level orang-orang yang kamu ajak bekerjasama. Terimakasih. Lanjutkan terus perjalanan dengan menjadi nafas dari banyak program.

Hai Kak Aul,
Satu Fakultas gak perlu ditanya seberapa besar skill yang kamu punya untuk menjadi tangguhnya NgeMeal. Jujur, sepertinya aku akan sangat bingung kalau bukan kak Aul yang ada dalam program ini. Kita baru kenal di program ini. Terima kasih sudah membayar waktu yang diberikan penonton NgeMeal dengan hiburan yang kamu persembahkan dengan sempurna, Kak. Selamat menjalani kehidupan semester akhir. 

Hai Pange,
Kamu adalah DOP ketiga yang dimiliki NgeMeal. Gak mudah untuk akhirnya NgeMeal bertemu orang hebat seperti kamu. Kalau ada yang bertanya, mengapa NgeMeal terus menerus memiliki episode yang menarik? Jawabannya adalah karena kamu. Kamu yang aku kira nggak punya kesan dengan program ini, aku masih ingat rasa terharunya aku ketika kamu ikut menangis saat Screening episode terakhir. Maaf kalau misalkan aku belum bisa mengarahkan dengan baik. Sukses terus menjadi kepercayaan banyak orang sekarang.

Hai Pepi,
Aku sangat berterimakasih kamu telah terus-menerus ada untuk NgeMeal. Pasti nggak mudah untuk kamu maupun aku. Kamu dengan tidak pernah memegang program NgeMeal pada program magang, dan aku yang memang tidak memiliki crew magang saat itu. Kamu serba bisa. Maka dari itu aku nggak heran ketika kamu diminta untuk mengisi posisi pada divisi yang hebat sekarang. Aku bangga dengan perkembangan kamu.

Hai Tama, 
Ide kamu yang nggak pernah habis, sampai aku habis pikir. Kamu yang selalu ceria setiap taping maupun screening. Ketika pertama kali kita rapat di Lab TV Dekanat, dan kamu sangat yakin mengutarakan ide kamu. Disitu aku yakin bahwa kamu tidak mungkin untuk tidak berkembang menjadi pribadi maupun berada dalam posisi yang lebih baik, dan sekarang terbukti. Terimakasih telah tulus membesarkan program ini. 

Hai Saki,
Maaf kalau selama ini aku belum bisa menjadi leader yang mungkin kamu harapkan. Tapi kamu selalu menunjukan seberapa yakin kamu untuk bertahan, dan aku sangat mengapresiasi itu. Saki, apa kabar sekarang? Semoga kamu terus baik-baik aja, ya. Terus bantu Rey dan teman-teman lainnya di produksi. Aku sangat percaya kamu bisa membayar kepercayaan mereka. 

Hai Kornel,
Kita sudah kenal lebih lama daripada aku kenal crew baru lainnya. Kamu Kornel yang super aktif. Kamu kornel yang banyak ingin tahu. Terimakasih untuk mau terus bertahan. Walau dengan aktivitasmu yang padat, kamu selalu menyisihkan waktu dengan NgeMeal. Aku sangat menghargai jerih payah kamu. Mungkin kamu yang paling banyak mendapat catatan dari ku semasa kita pernah bekerjasama. Tapi Kornel, you got my attention at first place. Thank you.

Hai Naili,
Aku baru tau ternyata kamu temannya temanku. Haha. Kamu berani meninggalkan apa yang bukan keinginan kamu demi mengejar apa yang kamu inginkan. Itu hal yang sangat keren. Pasti asam manis kehidupanmu sudah jauh lebih banyak dariku. Terimakasih untuk mau terus belajar hal baru. Aku tidak pernah menganggap kamu bekerja lebih banyak porsinya dengan yang lain, tapi kamu percaya kan kalau aku lakukan itu karena aku sangat percaya dengan kamu? Klise ya? Hahaha

Hai Nadiva,
Maaf sebelumnya kalau aku belum bisa mengenal kamu lebih jauh lagi. Kamu orang yang sangat aktif dan friendly. Sebuah modal besar yang harus semua orang miliki. Semangat terus untuk kuliah kamu, untuk kegiatan kamu sekarang. Aku sangat puas dengan apa yang sudah kamu kerjakan untuk NgeMeal. Terimakasih banyak sudah membayar kepercayaan aku dengan hasil maksimal yang bisa kamu kasih. 




Komentar